Puluhan Pedagang Positif Covid-19, Pasar Cempaka Putih Tutup Selama 3 Hari

Jakarta-Gpriority,Guna mencegah penularan Covid-19 di Pasar Cempaka Putih, Jakarta Pusat, PD Pasar Jaya bekerjasama dengan Puskesmas Cempaka Putih beberapa waktu yang lalu menggelar rapid test dan swab secara masal kepada 124 pedagang.

“ Saat diumumkan hasilnya pada tanggal 8 Juli 2020, ada sekitar 41 pedagang yang positif Covid-19. Pedagang yang positif Covid-19 berasal dari pedagang sayur dan sembako,” ujar Kepala Pasar Cempaka Putih Eko Purwanto,SE pada Senin (13/7/2020).

Eko juga mengatakan bahwa Ke-41 pedagang yang positif Covid-19, sebagian ada yang meminta untuk melakukan isolasi mandiri dibawah pengawasan petugas medis dan ada juga yang meminta langsung dibawa ke Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta.

Untuk pasarnya sendiri, Eko mengatakan akan ditutup selama tiga hari, terhitung mulai dari 13 Juli hingga 15 Juli 2020. “ Pasar ditutup untuk dilakukan sterilisasi dan penyemprotan disinfektan. Untuk hari senin, penyemprotan akan dilakukan oleh pihak pemadam kebakaran,” jelas Eko.

Guna mencegah adanya pedagang yang tetap membandel menggelar barang dagangannya, pihak PD Jaya bekerjasama dengan gugus tugas Covid-19 Kecamatan Cempaka Putih dengan dibantu TNI, dan Polri berjaga disekitar pasar. Tidak hanya itu, akses pintu masuk juga diberi garis polisi.

PD Pasar Jaya juga menulis pengumuman bahwa pasar tutup selama tiga hari. Tujuannya, agar masyarakat yang ingin belanja di Pasar Cempaka Putih bisa mengetahuinya.

Pasar sendiri menurut Eko akan kembali dibuka pada hari Kamis (16/7/2020), dengan protokol kesehatan yang lebih ketat lagi. Sementara untuk pedagang yang boleh berjualan lagi harus menyertakan surat keterangan sehat dan surat keterangan bebas Covid-19.

Camat Cempaka Putih Andi Ferdian menyambut baik keputusan penutupan Pasar Cempaka Putih selama tiga hari. Menurut Andi, penutupan pasar ini bertujuan agar pedagang dan pembeli tidak tertular Covid-19.

Andi juga mengatakan akan terus melakukan rapid test dan swab secara masal di wilayahnya, sehingga Kecamatan Cempaka Putih bisa terbebas dari Covid-19.(Haris)

Related posts