Selama Malam Takbiran, Pemprov DKI Jakarta Pekerjakan Lebih Dari 3 Ribu Petugas Kebersihan

Jakarta, GPriority.co.id – Hitungan hari jelang malam takbiran, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, dilaporkan akan mempekerjakan sebanyak 3.080 petugas kebersihan. Bahkan para petugas kebersihan (pasukan oranye) ini juga akan dipekerjakan saat lebaran dan selama libur lebaran 2024.

Kebijakan ini dilakukan dalam rangka memastikan kebersihan fasilitas ibadah hingga area publik tetap dalam keadaan bersih.

Lebih lanjut, berdasarkan penuturan dari Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta, Asep Kuswanto, total 3 ribu lebih petugas kebersihan itu akan dibagi-bagi pada setiap Kecamatan yang ada di Jakarta.

“Kami siapkan sekitar 70 petugas di setiap Kecamatan di Jakarta, jadi lebih dari 3.080 personel di seluruh Jakarta akan bertugas. Di berbagai tempat saat malam takbiran, hari H Idul Fitri dan libur Lebaran,” ungkapnya dalam sebuah keterangan, pada Rabu (3/4) kemarin.

Selain membersihkan lingkungan, para petugas kebersihan yang dipekerjakan tersebut juga akan diberi amanah untuk menaruh tempat-tempat sampah pada titik-titik area yang ditentukan, berikut dengan alat pengangkut sampahnya. Asep mengatakan, ada sebanyak 85 unit kendaraan penyapu jalan otomatis yang sudah dipersiapkan oleh Pemprov DKI Jakarta.

“Kami juga pastikan pelayanan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang tetap beroperasi saat libur lebaran. Kita juga meminta pengosongan TPS di seluruh Wilayah Jakarta,” ujarnya.

Adapun, tujuan pengosongan TPST ini adalah agar sampah dapat ditampung secara maksimal, demi menjaga kebersihan lingkungan di sekitar TPST, dan menghindarkan dari berkembangnya lalat dan tersebarnya virus penyakit lainnya. Untuk itu, Pemrov DKI juga telah mempersiapkan program Mudik Minim Sampah (MMS).

“Mudik Minim Sampah merupakan gerakan yang mengajak masyarakat untuk mengurangi jumlah sampah yang dihasilkan selama mudik Lebaran. Kami akan terus berkoordinasi dengan pengelola angkutan mudik seperti stasiun hingga pelabuhan untuk terapkan mudik minum sampah,” jelasnya.

Foto : Blog Pintarnya