Stunting Akibat Pola Makan Yang Tidak Sehat

Jakarta,Gpriority-Jum’at (25/1) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menggelar acara Hari Gizi Nasional (HGN) ke-52 di Gedung Kemenkes,  Jakarta Selatan.

Hadir sebagai salah satu pembicara Menteri PPN/Kepala Bappenas, Bambang P.S Brodjonegoro. Beliau mengatakan Indonesia mengalami masalah anak kekurangan gizi.

Salah satu faktor utamanya adalah pola makan yang tidak sehat yang dikonsumsi sebagian penduduk Indonesia. Dari pola makan yang tidak sehat inilah yang membuat penyakit semakin meningkat.

Pemerintah menurut Bambang telah melakukan berbagai macam cara untuk meningkatkan gizi. Beberapa kegiatan yakni pendidikan mengenai gizi seimbang, serta menanam tanaman sehat di pekarangan rumah.

Bambang juga mengatakan,  isu yang sangat penting di abad 21 adalah pangan sehat. Untuk memenuhi pangan sehat, sektor pertanian diharapkan mampu menghasilkan pangan yang sehat dan bergizi terutama sayur dan buah.  Dengan demikian sistem pangan diharapkan bisa menjadi asupan yang bergizi bagi penduduk Indonesia.

Pola pangan sehat merupakan bagian dari sistem pangan yang berkelanjutan dan juga merupakan bagian dari SDGs.

Bambang juga menjelaskan,  dalam menyusun kebijakan kedepan, beberapa rekomendasi strategi dalam laporan EAT-lancel yang perlu diperhatikan yakni peningkatan komitmen pemangku kepentingan untuk membudidayakan pola makan sehat, penguatan tata kelola lahan dan laut yang terkoordinasi, dan intensifikasi produksi pangan secara berkelanjutan.

Bambang berharap hadirnya acara ini bisa semakin menumbuhkan kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya gizi.(Hs.Foto:Hs)

Related posts