Wempi W Mawa dan Jakaria Resmi Jadi Bupati dan Wakil Bupati Malinau 2021-2024, Berikut 5 Program Prioritasnya

GPRIORITY, MALINAU – Wempi W Mawa dan Jakaria Resmi menjadi Bupati dan Wakil Bupati Malinau periode 2021-2024, usai dilantik oleh Gubernur Kalimantan Utara, Zainal Arifin Paliwang, Senin (26/04/2021), pagi.

Pelantikan itu dilakukan di Aula Kantor Gabungan Dinas Provinsi Kalimantan Utara, Tanjung Selor.

Gubernur Kaltara, Zainal A Paliwang memimpin prosesi pengucapan sumpah dan janji Bupati dan Wakil Bupati Malinau.

Sebelum pengambilan sumpah dan janji Kepala Daerah, Zainal A Paliwang menegaskan, sumpah dan janji yang akan diucapkan oleh Wempi dan Jakaria merupakan kewajiban yang harus ditunaikan sebagai Kepala Daerah.

“Saya perlu mengingatkan bahwa sumpah dan janji yang akan saudara ucapkan merupakan bentuk tanggung jawab kepada bangsa dan negara, serta tanggung jawab kepada masyarakat,” kata Zainal Paliwang.

Usai dilantik menjadi Bupati Malinau, Wempi Mawa mengaku akan memprioritaskan 5 program kampanyenya pada Pilkada 2020 lalu.

“Kita punya lima program yang akan diprioritaskan. Yakni Desa Sarjana, Rasda Plus, Wajib Belajar Malinau Maju, RT Bersih, dan Milenial Mandiri. Kelima program ini yang menjadi prioritas kami dan Pak Wakil untuk direalisasikan,” ucap Wempi usai dilantik.


Meskipun tercantum dalam janji politiknya, politisi Demokrat itu mengaku, akan menyesuaikan dengan kemampuan APBD Kabupaten Malinau.

Sehingga, pihaknya nanti akan mengoptimalkan dana APBD yang tersedia.

“Tapi tentu kita harus melihat situasi dan kondisi APBD kita, tentu nanti kita akan optimalkan,” terangnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Malinau terpilih 2020, Jakaria, mengatakan kelak menjalankan tugas sebagai Wakil Bupati, akan fokus pada fungsi pengendalian.

Politisi Gerindra itu mengatakan, sesuai tupoksi yang ada, wakil bupati berfokus mengendalikan apa yang telah menjadi kebijakan dari Bupati.

Sehingga saat pembangunan dan realisasi visi misi, dapat terlaksana sesuai dengan ketentuan yang ada.

“Sesuai tugas dari wakil adalah dalam pengendalian, dari apa kebijakan yang dikeluarkan oleh pimpinan yakni Bupati. Artinya, nanti kami akan menjadi pengendali agar nanti semua lini pembangunan, sesuai dengan ketentuan yang ada,” ungkapnya. FBI

Related posts