Wiku Adisasmito: Kasus Positif Covid-19 di Indonesia Meningkat Signifikan

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan kasus positif Covid-19 di Indonesia terus meningkat signifikan dalam beberapa waktu terakhir.

Wiku memaparkan kemarin (3/9/2020) terdapat penambahan jumlah kasus positif Covid-19 sebanyak 3.622 kasus baru, dan angka tersebut merupakan penambahan paling tinggi sejak kasus pertama Covid-19 di umumkan.

Sedangkan untuk hari ini, Jum’at (4/9/2020) penambahan pasien positif dalam 24 jam terakhir mencapai 3.269 orang. Sehingga untuk jumlah kasus positif Covid-19 saat ini mencapai 187.537 orang.

Untuk daerah dengan kasus positif terbanyak dipimpin kembali oleh DKI Jakarta dengan jumlah kasus mencapai 880 orang. Setelah sebelumnya pada hari Kamis (3/9/2020) terdapat 1.300 kasus yang ditemukan.

Menurut Wiku, salah satu faktor yang menyebabkan penambahan kasus ini adalah karena adanya periode libur panjang. Masyarakat memanfaatkan libur panjang tersebut untuk berpergian, dan tidak menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin. Oleh karena itu, Wiku pun meminta kepada masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan dengan cara yang benar dan disiplin. Seperti menggunakan masker dengan benar, yaitu menutup bagian wajah dari batang hidung hingga dagu dan tidak menyentuk bagian masker yang mungkin terpapar virus. Setelah melepaskan masker juga diharapkan untuk langsung mencuci tangan.

Wiku juga megatakan memiliki imun yang baik dapat menurunkan resiko tertularnya virus Covid-19, maka dari itu kita perlu asupan gizi yang seimbang. Selain itu juga dengan meminum air sekitar 8 sampai 10 gelas per hari untuk mencegah dehidrasi, olahraga rutin sekitar 30 hingga 45 menit per hari, istirahat yang cukup minimal 7 sampai 8 jam per hari, dan dapat mengelola stress.(Dwi)

Related posts