Bukan Karena Ubur-Ubur Hilang, Ini Alasan Lain Wisata Pulau Kakaban Ditutup Sementara Waktu

Jakarta, GPriority.co.id – Pemerintah Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, baru-baru ini melakukan tindakan penutupan wisata Pulau Kakaban untuk sementara waktu.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Berau, Ilyas Natsir mengatakan, bahwa penutupan tersebut bukan karena ubur – ubur hilang, melainkan tidak hadir.

“Sebenarnya bukan karena (ubur-ubur) hilang, melainkan tidak hadir. Ubur-ubur masih ada, tapi disisi lain. Ini terjadi sudah dalam beberapa minggu ini,” ujar Ilyas saat dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat (29/12).

Disisi lain, Kadis Ilyas menjelaskan penutupan objek wisata ini juga didasari oleh kondisi cuaca yang tidak menentu. Sehingga, kata Ilyas hal ini dilakukan demi mengembalikan kondisi seperti sedia kala.

“Alasan lain mengapa kami menutup destinasi wisata Pulau Kakaban untuk sementara waktu adalah karena curah hujan yang tinggi. Kedua, karena terjadi peningkatan suhu sehingga agak panas. Ada juga informasi lain, terlalu banyak pengunjung yang datang,” tutur Ilyas.

Selain itu, Ilyas menilai kepadatan pengunjung membuat pengelola wisata Pulau Kakaban menjadi sulit untuk mengawasi kegiatan mereka selama berada di wilayah destinasi wisata yang berada di Kalimantan Timur itu.

“Kalau orang datang banyak, kita tidak tahu mereka memakai make up atau sunblock yang dapat mencemari wilayah wisata Pulau Kakaban. Selain itu banyak orang yang beramai-ramai masuk ke dalam air. Suhu badan orang bisa mempengaruhi suhu dari air tersebut,” tambahnya.

Terkait dengan jumlah ubur-ubur yang tidak hadir di Pulau Kakaban, Ilyas mengatakan bahwa pemerintah tidak bisa memastikan jumlah pastinya, karena belum melakukan pengecekan lebih lanjut.

“Kami belum bisa memastikan sampai kapan Pulau Kakaban ditutup. Yang jelas, sementara ini, penutupan dilakukan agar kami bisa melakukan kajian. Seperti bagaimana kondisi air kedepannya, dan juga untuk memastikan agar tidak adanya bahan-bahan kimia yang mencemari air dan berdampak pada ubur-ubur,” kata Ilyas.

Foto : Istimewa