Bupati Didesak Lantik PlH Sekda Haltim

HALTIM_GPRIORITY – Bupati Kabupaten  Halmahera Timur (Haltim) Muhammad Ali Fataruba didesak segera melantik Plh. Sekretaris Daerah (Sekda) Ricky Chairul Richfat oleh Solidaritas Masyarakat Faduli Tragedi  4 September 2020.  Pasalnya Gubernur Maluku Utara (Malut) KH. Abdul Ghani Kasuba belum lama ini telah membatalkan Plh Sekda Ricky Chairul Richfat yang diusulkan oleh mantan Bupati Din.

Para demonstran yang menyampaikan orasi di depan kantor Bupati Halamahera Timur (Haltim), Senin (26/10/2020) pagi, bahkan nyaris bentrok dengan Satpol PP karena massa memaksa masuk ke dalam Kantor Bupati Haltim, namun di cegah oleh Satpol PP dan dibantu oleh pihak kepolisian. Aksi saling dorong tersebut berlangsung tidak lama, karena pendemo diizinkan untuk masuk ke dalam kantor Bupati.

Salah satu orator,Saddam menyampaikan bahwa Surat Keputusan (SK) Pembatalan pengusulan Plh Sekda Haltim Ricky Chairul Richfat oleh Gubernur Abdul Ghani Kasuba dinilai cacat hukum. “SK pembatalan Plh Sekda oleh Gubernur Malut dinilai cacat hukum,” kata Saddam saat berorasi di depan Kantor Bupati Haltim tersebut.

Kata Saddam, Pak Gubernur jangan membuat polemik karena imbasnya adalah kestabilan pemerintahan Kabupaten Haltim terganggu karena keluarnya SK Pembatalan dari Gubernur. “Kami nilai SK Plh Sekda yang terbitkan oleh mendiang Bupati Muh Din sah secara hukum, dan mengikat,” katanya.

Ditegaskan, alasan masa aksi mendatangi Kantor Bupati dalam rangka meminta kepada Pj. Bupati agar secepatnya melantik Ricky Chairul Richfat sebagai Plh Sekda Haltim sebagaimana SK yang telah diterbitkan oleh Muh Din pada tanggal 4 September 2020. “Kami minta Pj Bupati segera melantik Plh Sekda karena sudah jelas SK yang diterbitkan oleh Ir Muh Din sebelum wafat,” tegasnya.

Untuk diketahui, surat Pengusulan Nomor :800/08/2020 tanggal 19 Agustus 2020 perihal pengusulan persetujuan Penjabat Sekretaris Daerah Haltim kemudian Gubernur Malut mengeluarkan surat persetujuan Nomor:821.2/Jptp/164/Ix/2020 tanggal 03 September 2020 selanjut Bupati atas persetujuan Gubernur itu kemudian menerbitkan dan menandatangani SK Bupati Nomor:188.45/821/53/2020 tanggal 04 September 2020 perihal pengangkatan Pegawai Negeri Sipil dalam Jabatan Struktural Penjabat Sekretaris Daerah Haltim.

Namun aksi yang dilakukan oleh Solidaritas Masyarakat Faduli Tragedi 4 September 2020 ini tidak menuai hasil karena Plt Bupati Haltim Muhammad Ali Fataruba tidak berada di tempat. (wmj).

Related posts