Hujan Deras Sering Melanda, Ini Persiapan yang Wajib Dilakukan!

Jakarta, GPriority.co.id – Hujan deras mulai sering melanda di Indonesia. Hujan yang deras ini dapat menimbulkan berbagai gangguan, seperti banjir, genangan air, dan tanah longsor. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mempersiapkan diri agar terhindar dari dampak negatif musim hujan.

Berikut GPriority telah merangkum apa saja persiapan yang wajib kamu lakukan saat hujan sering melanda:

1. Siapkan Perlengkapan Hujan

Pastikan kamu selalu memiliki payung, jas hujan, dan sepatu bot yang berkualitas baik. Simpan perlengkapan hujan ini di tempat yang mudah dijangkau, seperti tas atau laci dekat pintu rumah.

2. Bersihkan Talang Air dan Saluran Air

Daun kering dan sampah yang menumpuk di talang air dan saluran air dapat menyebabkan penyumbatan dan genangan air. Bersihkan talang air dan saluran air secara rutin untuk memastikan aliran air lancar.

3. Periksa Kondisi Atap dan Genteng

Pastikan atap dan genteng rumahmu dalam kondisi baik dan tidak ada kebocoran. Jika ada kerusakan, segera perbaikilah sebelum musim hujan semakin deras.

4. Siapkan Perlengkapan P3K

Musim hujan dapat meningkatkan risiko penyakit seperti demam berdarah dan leptospirosis. Siapkan perlengkapan P3K di rumah, seperti obat-obatan dasar, plester luka, dan antiseptik.

5. Hindari Beraktivitas di Luar Ruangan Saat Hujan Deras

Jika memungkinkan, hindari beraktivitas di luar ruangan saat hujan deras. Jika terpaksa harus keluar, bawalah payung atau jas hujan dan berhati-hatilah saat di jalan raya.

6. Simpan Barang Berharga di Tempat Aman

Banjir dan genangan air dapat merusak barang-barang berharga. Simpan barang-barang berharga di tempat yang aman dan tinggi, seperti di lantai dua rumah.

7. Pantau Peringatan Cuaca

Selalu pantau peringatan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) untuk mendapatkan informasi terbaru tentang potensi hujan deras dan bencana alam lainnya.

Dengan melakukan persiapan-persiapan di atas, kamu dapat meminimalkan dampak negatif musim hujan dan menjaga keselamatan diri dan keluarga. Ingatlah untuk selalu waspada dan berhati-hati saat beraktivitas di musim hujan.

Foto: Shutterstock