Jadwal Sidang Sengketa Pilkada Halmahera Barat 2020

Jakarta,Gpriority-Berdasarkan situs mkri.id, Sengketa Pilkada Kabupaten Halmahera Barat (Halbar)Provinsi Maluku Utara (Malut) 2020 menjadi salah satu yang teregistrasi dan tercatat di dalam Buku Registrasi Perkara Konstitusi Elektronik (e-BPRK).

” Ya benar, sengketa Pilkada Kabupaten Halmahera Barat menjadi satu dari 132 sengketa Pilkada 2020 yang sudah teregistrasi di Mahkamah Konstitusi. Adapun nomor registrasi yang diberikan MK, 108/PHP.BUP-XIX/2021 ,” ucap Ketua MK,Anwar Uswan seperti dikutip mkri.id pada Jum’at (22/1/2021).

Lebih lanjut dikatakan Anwar, sengketa Pilkada Halmahera Barat akan melakukan sidang pendahuluan pada Kamis (28/1/2021) pukul 14.00 WIB.” Mengingat saat ini Covid-19 masih tinggi di Jakarta, saya menghimbau agar pendukung menyaksikannya melalui streaming,” jelas Anwar.

Sekedar informasi, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Halmahera Barat telah memutuskan bahwa pasangan Danny Missy-Imran Lolori (DAMAI) memperoleh 21.074 suara, sedangkan paslon lawan tandingannya James Uang dan Djufri Muhammad atau Jujur meraih suara tertinggi yakni 22.524 suara. Untuk itulah KPU menetapkan pasangan berjargon Jujur sebagai pemenang Pilkada Halmahera Barat 2020.

Penetapan ini tidak diterima oleh DAMAI, karena Tim Pemenang dan Tim Hukum Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara, Danny Missy-Imran Lolori (DAMAI) menduga ada penggelembungan suara di Kecamatan Sahu Timur dan Loloda.

“Dari hasil penelusuran oleh tim DAMAI di semua kecamatan, terdapat banyak pelanggaran yang terjadi pada saat pencoblosan pada Rabu (9/12). Karena itu, dari hasil investigas yang dilakukan, kemudian dilaporkan ke DPP dan DPD PDI-Perjuangan dan dimintakan untuk membentuk tim untuk menyampaikan laporan ke Bawaslu Halbar,” ucap Ketua Tim Pemenang DAMAI, Charles Richard Gustan.

Charles juga mengatakan bahwa tim DAMAI telah melaporkan hal ini kepada Bawaslu dan juga Mahkamah Konstitusi.

” Puji Tuhan, di MK, gugatan Paslon Danny Missy-Imran Lolori teregistrasi.Dengan teregistrasinya gugatan ini sekaligus membungkam gosip yang beredar bahwa gugatan DAMAI di tolak MK,” ujar Charles.(Hs)

Related posts