Kemenkes Ijinkan Vaksin Tanpa NIK

Jakarta,Gpriority-Beberapa waktu yang lalu, Indonesia kembali dihebohkan dengan kabar seorang warga Bekasi tidak bisa melakukan vaksinasi, dikarenakan NIK di KTP sebagai syarat vaksinasi telah dipergunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Berbekal alasan itulah maka Kementerian Kesehatan segera menggelar rapat dengan Satgas Covid-19. Tujuan dari rapat ini agar masyarakat di Indonesia bisa tervaksinasi semua. Hasil dari rapat sendiri langsung diumumkan Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi dalam siaran persnya pada Selasa malam (3/8/2021).

“ Berdasarkan hasil rapat antara Kemenkes dengan Satgas maka mulai 4 Agustus 2021, masyarakat yang akan melakukan vaksinasi tidak perlu lagi menyertakan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Untuk memperkuat pernyataan ini Kemenkes telah mengeluarkan surat edaran Kementerian Kesehatan/Kemenkes Nomor HK.02.02 /III/ 15242/2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Bagi Masyarakat Rentan dan Masyarakat yang belum Memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) tanggal 2 Agustus 2021,” jelas Siti Nadia Tarmizi.

Agar surat edaran tersebut dipatuhi, Sekjen Kemenkes Oscar Primadi seperti dijelaskan Siti meminta Dinas Kesehatan Daerah segera melakukan koordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat.

“ Yang pasti dengan adanya kebijakan baru ini, target 2 juta per hari yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo bisa terlaksana,” tutup Siti.(Hs.Foto.dok.Hs)

Related posts