Stasiun Pasar Senen Tetap Layani Perjalanan Kereta Api Jarak Jauh Selama PPKM Level 4


Jakarta,Gpriority-Tanggal 2 Agustus 2021, Presiden Joko Widodo mengumumkan bahwa Pemerintah Pusat memperpanjang penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 hingga 9 Agustus 2021.

Hal ini langsung menimbulkan beragam pertanyaan di masyarakat, apakah Stasiun Kereta Api Pasar Senen tetap buka seperti saat PPKM darurat dan awal PPKM level 4. Guna menjawab keresahan masyarakat, Gpriority menyambangi langsung Stasiun Pasar Senen yang letaknya tidak jauh dari Terminal Pasar Senen.

Di sana, nampak masih terlihat penumpang yang akan pulang kampung. Berdasarkan pantuan, para penumpang yang pulang kampung pada Kamis Pagi (5/8/2021) kurang lebih 100 penumpang.

Terkait persyaratan apa saja yang harus dipenuhi oleh penumpang. Salah seorang petugas KAI yang ditemui pada Kamis (5/8/2021) menjelaskan, “ Sama seperti penerapan PPKM Darurat, para penumpang yang akan pulang kampung wajib menunjukkan kartu vaksin minimal dosis pertama. Jika tidak memiliki penumpang tersebut harus melakukan vaksinasi di area yang sudah dipersiapkan oleh PT.KAI. Namun perlu diingat vaksinasi sendiri hanya berlaku sampai 12.00 WIB, Setelah jam tersebut tidak ada lagi pelayanan vaksinasi. Selain vaksin, penumpang juga wajib menunjukkan surat antigen atau PCR. Jika belum memiliki bisa melakukan rapid antigen dan PCR di lokasi yang juga sudah disiapkan oleh KAI. Namun pemeriksaan antigen dan PCR di Stasiun Senen hanya sampai pukul 17.00 WIB. Untuk itulah bagi yang belum memilki antigen,PCR ataupun sertifikat vaksin harap mengingat jam tutupnya.”

Lebih lanjut dikatakan oleh petugas tersebut, tidak seperti saat idul fitri tiba, para penumpang tidak perlu membuat STRP.

Mengenai jumlah penumpang, VP Public Relations PT KAI Joni Martinus dalam siaran persnya beberapa waktu yang lalu mengatakan hanya menjual tiket sebatas 70% dalam setiap harinya. “ Hal ini dilakukan agar tidak terjadi penumpukan penumpang,” jelas Joni.

Guna menghindari penumpukan penumpang, PT. KAI tetap mengoperasikan 6 rangkaian kereta dalam setiap harinya. “ Tak seperti libur idul fitri dan idul adha, minat penumpang untuk perjalanan jauh dengan menggunakan Kereta Api jumlahnya sangat sedikit. Untuk itulah kami hanya mengoperasikan 6 rangkaian kereta saja dalam setiap harinya,” tutup Joni.(Hs.Foto.Hs)

Related posts