Pj. Gubernur Papua Barat Sebut Peran Vital Pemuda dalam Mewujudkan Indonesia Emas 2045

Jakarta, GPriority.co.id – Pj. Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, menghadiri acara Gala Dinner yang diselenggarakan Indonesia Youth Diplomacy (IYD) di Royal Glasshouse Park Hyatt, Jakarta, Kamis (6/6).

Ali Baham menyebut acara ini merupakan bagian dari peran aktif Papua Barat dalam Y20 yang sebelumnya diadakan di Manokwari. Ali Baham mengungkapkan apresiasinya terhadap acara tersebut.

“Malam hari ini saya menghadiri acara Indonesia Youth Diplomacy (IYD) dalam bentuk Gala Dinner. Ini sebenarnya adalah sebuah event di mana peran Papua Barat pada saat acara Y20 yang dilaksanakan di Manokwari beberapa waktu yang lalu,” ujar Ali Baham saat ditemui GPriority usai acara.

Dirinya juga menekankan pentingnya kepedulian Papua Barat terhadap isu-isu sosial-politik, keberlanjutan, dan lingkungan. Menurutnya, perhatian ini sangat diapresiasi oleh berbagai organisasi, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

“Dan memang kepedulian Papua Barat terhadap sosial-sosial politik, terhadap masalah keberlanjutan, masalah lingkungan, itu menjadi sesuatu yang sangat diapresiasi oleh organisasi IYD ini,” tambahnya.

Ali Baham menjelaskan jika acara ini turut dihadiri oleh beberapa duta besar dari berbagai negara, termasuk Singapura, Amerika, Jepang, dan Jerman, yang menunjukkan kepedulian luar biasa terhadap isu-isu yang diangkat.

“Oleh karena itu Papua Barat tentunya bersama-sama dengan juga dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terkait menghadiri acara ini dan kita bisa melihat bagaimana kepedulian, baik di Indonesia maupun juga di lembaga-lembaga Indonesia maupun juga dari luar negeri,” kata Gubernur.

Ali Baham juga menegaskan pentingnya menyiapkan sumber daya manusia yang mampu mengelola sumber daya alam dengan baik untuk mencapai Indonesia Emas 2045.

“Sekali lagi kita punya komitmen untuk tetap menjaga lingkungan. Lingkungan itu bisa juga mempunyai manfaat ekonomi kepada masyarakat menuju Indonesia emas 2045. Ini kita perlu siapkan sumber daya manusia untuk bisa mengelola sumber daya alam kita dan pada waktunya nanti mereka menjadi pemuda-pemuda yang tangguh,” jelasnya.

Dirinya berharap para pemuda di Papua Barat dapat menjadi generasi yang tangguh dan mampu mengisi berbagai sektor penting di masa depan, termasuk ekonomi, politik, dan pemerintahan.

“Pada waktunya nanti mereka menjadi pemuda-pemuda yang tangguh, yang bisa mengisi ruang ekonomi, politik, pemerintahan dan semuanya untuk kepentingan bangsa dan negara,” tutupnya.

Foto: GPriority