Ritual Adat Pedagi Macan Lojangk Warnai HUT ke-408 Kabupaten Sanggau

Sanggau, Gpriority.co.id – Situs Pedagi Macan Lojangk yang ada di Kabupaten Sanggau harus dijaga dan dipelihara oleh masyarakat. Demikian disampaikan Penjabat (Pj) Bupati Sanggau Suherman, S.H., M.H saat mengikuti Ritual Adat Pedagi Macan Lojangk, Selasa (26/3).

Dikatakannya, bahwa Pedagi Macan Lojangk ini ditetapkan sebagai salah satu situs yang harus dikunjungi pada saat hari jadi Kota Sanggau maka konsekuensinya adalah kita harus menjaga dan memeliharanya.

Suherman berpesan ritual ini jangan sampai putus di usia Sanggau ke 408. “Kita harus wariskan kepada generasi penerus agar lestarikan,” sebutnya.

Pemkab Sanggau sendiri sudah berdiskusi dengan pihak terkait penataan situs. “Nanti akan di lokalisirlah kira-kira seperti itu agar tertata,” tandasnya. Adapun untuk desa Kambong, lokasi dimana situs berada dalam jangka pendek perlu dibuatkan SKT. “Bila perlu diberi patok di beberapa titik dan diberi plang,” katanya dikutip dari Diskominfo Sanggau.

Ritual Adat Pedagi Macan Lojangk yang dilaksanakan di Dusun Borang, Desa Kambong, Kecamatan Kapuas ini masih merupakan rangkaian peringatan Hari Jadi ke – 408 Kota Sanggau Tahun 2024, dengan tema “Sanggau Kolaboratif, Satu Cita Maju Bersama”.

Foto : Diskominfo Sanggau