Rusip, Kuliner Khas Bangka Yang Tidak Biasa

Bangka memiliki kuliner yang beraneka ragam. Mulai dari makanan ringan, makanan berat, aneka sambal, dan banyak lagi. Salah satu kuliner yang cukup berbeda dari yang lainnya adalah sambal rusip.

Rusip merupakan jenis sambal yang terbuat dari ikan teri yang diproses dengan cara difermentasi. Kuliner yang sangat dikenal di Bangka ini memang dibuat dengan menggunakan ikan teri sebagai bahan dasar.

Cara membuatnya pun tidak terlalu sulit. Ikan teri dibersihkan hingga benar-benar bersih agar proses fermentasi dapat berhasil. Ikan teri yang sudah dibersihkan dicampurkan dengan garam, gula pasir, dan gula merah. Kemudian diawetkan dalam satu wadah yang tertutup selama tujuh hari. Bila aroma asam menyeruak ke penciuman, dari ikan yang difermentasi tadi, berarti rusip telah berhasil dibuat. Biasanya sambal rusip disantap bersama dengan sayur-mayur seperti selada, mentimun, labu, terong, kol, dan lainnya.

Rusip juga menjadi oleh-oleh khas dari Pulau Bangka. Rusip dapat dibeli di toko-toko yang menjual makanan khas Bangka.
Rusip yang sudah dikemas di dalam botol, dijual dengan harga antara Rp 15 ribu hingga Rp 25 ribu per botol, disesuaikan dengan besar kecilnya ukuran botol. Dengan nasi hangat, sambal rusip menjadi teman kuliner yang wajib dicicipi ketika berkunjung ke Kepulauan Bangka Belitung. (Via)

Related posts