Ternyata Tumbler Memiliki Lebih Banyak Jamur dan Kuman, Bisa Sebabkan Infeksi Kulit hingga Pneumonia?

Penulis : M. Hilal | Editor : Dimas A Putra | Foto : Istimewa

Jakarta, GPriority.co.id – Tumbler atau botol minum menjadi solusi sendiri jika kamu tidak ingin membeli air kemasan di supermarket ataupun minimarket. Membawa air sendiri dari rumah merupakan cara paling praktis dan ramah lingkungan. Bukan hanya itu, tumbler juga sudah menjadi alat aksesori fashion yang banyak diminati bagi kalangan anak muda.

Namun, dibalik hal tersebut banyak setiap orang seringkali enggan untuk membersihkan botol minumnya lantaran dianggap tak terlalu kotor. Hal tersebut yang menjadi masalah adalah, karena kamu sering memegang benda lain tampa mencuci tangan setelahnya, tetap sama ada banyak kuman yang menempel sekitaran tumbler tersebut.

Hal ini mungkin tampak berlawanan dengan intuisi karena kebanyakan dari kita hanya mengisi botol dengan air minum tampa jarang memperhatikan kebersihannya dengan mencuci sebelum digunakan kembali.

Seperti melansir dari studi penelitian pada tahun 2017 silam yang diterbitkan dalam Annals of Civil and Environmental Engineering, bahwa menemukan tumbler atau botol air minum orang dewasa yang dapat digunakan kembali dapat mengandung sekitar 75 ribu kuman bakteri dan jamur.

Perlu kamu ketahui, berbagai jenis bakteri dan jamur dapat muncul di tumbler kamu. Menurut Charles Gerba, ahli dari mikrobiologi dan profesor virologi di Universitas Arizona, mengatakan ketika kita melakukan interaksi seperti “Meminum” dapat memindahkan bakteri dari mulut ke botol setiap kali kamu meminumnya. Hal tersebut dikarenakan terdapat interaksi secara langsung antara mulut dan moncong dari tumbler kamu.

Melansir juga dari Popular Science Ini termasuk Staphylococcus aureus, misalnya, yang dapat menyebabkan penyakit mulai dari infeksi kulit hingga Pneumonia. Hal yang sama berlaku untuk virus seperti flu, mononukleosis, dan herpes, beberapa di antaranya dapat terbawa dari kuman dan jamur di tumbler kamu meskipun tidak menunjukkan gejala yang serius.

Studi tersebut menyinggung pemakaian tumbler hanya secara pribadi, dijelaskan pemakaian secara pribadi saja sudah menimbulkan ± 75 ribu kuman dan jamur, apalagi jika tumbler tersebut dipakai secara bersamaan dengan teman ataupun keluarga?

Kuman yang ditularkan saat kamu memakai berbarengan umumnya sangat berbahaya, dan apalagi jika tangan yang memakai kotor, hal tersebut dapat dengan mudah mencemari dengan bakteri seperti E. coli, yang dapat menyebabkan masalah pencernaan ataupun masalah lainnya.

Maka dari itu untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, marilah untuk mencuci tumbler dahulu saat ingin digunakan dan mencuci tangan sebelum memegangnya. Hal ini diwajibkan demi menjaga keamanan serta kesehatan diri.