Bupati Asmin Laura Hafid dan Direktur PDAM Nunukan Raih Top BUMD Award Ke-4, Kabag Administrasi Keuangan: Ini Berkat Sinergi dengan Pemkab Nunukan

Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nunukan dalam memaksimalkan potensi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) kembali memperoleh apresiasi, di Golden Ballroom, Senayan Jakarta Pusat, pada Kamis (27/08/20).

Penghargaan Top BUMD Award 2020 diterima langsung oleh Direktur Utama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Nunukan Tirta Dharma, Masdi.

Raihan penghargaan juga diperoleh Bupati Nunukan Asmin Laura Hafid sebagai Top Pembina BUMD 2020. Tak hanya itu, penghargaan yang sama diperoleh Perumda Air Minum (PDAM) Tirta Dharma Kabupaten Nunukan sebagai Top Of The Top BUMD 2020.

Di samping itu, PDAM Kabupaten Nunukan juga menerima penghargaan Top BUMD Awards sektor PDAM klasifikasi Bintang 4. Bahkan Direktur PDAM Tirta Dharma, Masdi, juga menerima penghargaan sebagai Top CEO BUMD 2020.

Kepala Bagian (Kabag) Administrasi dan Keuangan PDAM Tirta Dharma Nunukan, Apriansyah mengatakan bahwa penghargaan Top BUMD Award sudah diraih oleh PDAM Nunukan 4 kali berturut-turut.

“Ini sebuah prestasi dan sudah kali ke-4 sejak periode 2017 sampai 2020 (sekarang). Raihan ini merupakan berkat sinergitas yang baik antara Pemkab Nunukan dengan PDAM Nunukan. Artinya bahwa penghargaan seperti ini tidak terlepas dari peran, kontribusi, serta dukungan dari Kepala Pemerintahan dalam hal ini Bupati Nunukan,” kata Apriansyah saat ditemui diruangannya.

Top BUMD Award merupakan kegiatan penilaian kinerja BUMD (corporate rating) yang terbesar, kredibel, dan komprehensif di Indonesia.

Adapun aspek yang dinilai dalam penganugerahan penghargaan ini adalah pencapaian, perbaikan, dan kontribusi BUMD yang telah dilakukan terkait kinerja bisnis, layanan, dan kontribusi terhadap perekonomian daerah.

“Banyak aspek yang menjadi indikator penilaian oleh tim penilai dari pusat, misalnya terkait manajemen, adminstrasi, pengelolaan keuangan, dan distribusi,” terang Apriansyah.

Saat ini Pemkab Nunukan melalui PDAM Tirta Dharma Nunukan, sedang melaksanakan program bantuan hibah pemasangan sambungan ke rumah (SR) air minum perkotaan sebanyak 1.050 unit kepada masyarakat Nunukan yang berpenghasilan rendah.

“Alhamdulillah, program hibah yang sudah berjalan ini mampu meringankan beban masyarakat di tengah situasi pandemik Covid-19. Wilayah yang mendapatkan hibah pemasangan ini seperti Sebatik Utara, Sebatik Timur sebanyak 540 sambungan, kecamatan Nunukan dan kecamatanNunukan Selatan sebanyak 510 sambungan,” imbuhnya.

Lebih lanjut Apriansyah berharap dengan raihan Top BUMD Award yang diperoleh PDAM Tirta Dharma Nunukan menjadi motivasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Nunukan.

“Kita berharap prestasi seperti ini tetap dipertahankan dan kedepannya sinergitas kita dengan Pemkab Nunukan tetap terjalin dengan baik, sehingga pelayanan kepada masyarakat Nunukan juga lebih ditingkatkan,” harap Apriansyah.

Di samping itu pula bersama Pemkab Nunukan, PDAM Tirta Dharma, telah membangun embung baru di Kawasan sei. Fatimah dan saat ini tengah mempersiapkan pembangunan embung baru di kawasan Gang Limau, Sedadap.

“Untuk di Gang Limau, tahun ini dalam tahap pembebasan lahan. Tahun depan insyaAllah dilakukan pembangunan fisik tubuh embung.

Kita sedang melakukan pembebasan lahan. Sementara di Sei. Fatimah kita sudah melakukan pembebasan lahan. Sedangkan untuk pengolahan insyaAllah dapat segera di realisasikan,” tutupnya.#(FBI)

Related posts