Cegah Covid-19 Polisi Bubarkan Kerumunan Masa

Jakarta,Gpriority- Untuk mencegah peningkatan kasus penularan virus Corona Kepolisian Daerah Metro Jaya memastikan polisi di Jakarta, Tangerang, Depok, dan Bogor terus bersiaga untuk melakukan pembubaran perkumpulan warga secara persuasif sekaligus mencegah keresahan berlebihan dari masyarakat.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono mengatakan pada Rabu (1/4) petugas dari tingkat polda setiap malam berpatroli dengan diawali apel di markas polda pukul 20.00. ”Kami tidak akan berhenti mengimbau masyarakat, dan sekarang sudah mulai sepi, kok,” ujarnya.

Argo mengatakan, Polda Metro Jaya berupaya menggandeng pihak-pihak lain terlibat dalam patroli. Tidak hanya itu polisi juga memprioritaskan pendekatan persuasif dalam patroli untuk membubarkan warga yang masih berada di luar rumah ataupun beraktivitas dalam kerumunan massa. Namun, penegakan hukum bukan tidak mungkin diterapkan jika ada warga yang melawan imbauan.

Argo juga mengatakan polisi juga tidak segan menindak penyebar hoaks ataupun informasi salah terkait dengan Covid-19.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan, Muhammad Helmi, mengatakan hingga hari ini ada 37 orang warga Jakarta Selatan dinyatakan positif Covid-19 , Rabu (1/4/2020).

Mereka merupakan bagian dari 4.000 lebih warga Jakarta Selatan yang sudah mengikuti rapid tes.

Angka ini naik dibandingkan data kemarin, Selasa (31/3/2020) yakni 35 orang positif Covid-19.

“Jumlah yang sudah ikut (Rapid tes) 4.000 lebih. Positif 37,” kata Helmi, Rabu (1/4/2020).

Metode rapid tes yang dilakukan menurut Helmi menghampiri orang-orang yang tercatat pernah berhubungan langsung dengan para pasien Covid-19.(Hs)

Related posts