Dataran Hingga Perbukitan Menghiasi Mamberamo Raya

Mamberamo Raya merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Papua.  Kabupaten ini merupakan pemekaran dari Kabupaten sarmi dan Waropen yang disahkan pada tanggal 15 Maret 2007 berdasarkan UU no.19 Tahun 2007 tentang pembentukan Kabupaten Mamberamo Raya di Provinsi Papua.

Nama Mamberamo sendiri diambil dari bahasa Dani, mambe yang berarti “besar” dan ramo yang berarti “air”. Suku Dani merupakan salah satu suku yang mendiami kabupaten yang kaya akan keanekaragaman hayati.

 Jika dilihat dari udara, Mamberamo Raya yang secara geografis terletak antara 137° 46 – 140° 19 Bujur Timur (BT) dan 01° 28 – 3° 50 Lintang Selatan (LS) dan  mempunyai luas wilayah sebesar 31.136,85 Km2 sangat mudah dikenali karena memiliki sungai Mamberamo yang ukurannya sangat besar sekali.

Bicara mengenai kondisi topografinya sangatlah bervariasi. Mulai dari dataran, perbukitan, hingga pegunungan menghiasi Mamberamo Raya. Tak hanya itu Mamberamo Raya juga memiliki elevasi antara 0 m hingga lebih dari 2.000 m di atas permukaan laut (dpl).

Topografi dataran yang terletak di sebelah utara dan selatan kabupaten ini dipisahkan oleh Pegunungan Foja dan Rouffaer. Dataran utara merupakan dataran rendah yang terletak di antara garis pantai dan pegunungan, sedangkan dataran selatan terletak di suatu cekungan antar pegunungan, yaitu antara Pegunungan Foya dan Pegunungan Nassau hingga Pegunungan Jayawijaya.Pegunungan yang  disebutkan terakhir ini merupakan pegunungan tengah dari Pulau Papua yang mempunyai ketinggian sekitar 5.000 m dan tertutup oleh es abadi. Dataran selatan seperti tersebut di atas sering disebut sebagai Dataran Lakustrin (Lake Plain) yang terletak di jantung DAS Mamberamo dan dialiri oleh sungai-sungai besar, seperti Sungai Tariku (Sungai Rouffaer) yang mengalir dari barat ke timur dan Sungai Taritatu (Sungai Idenburg) yang mengalir dari timur ke barat. Kedua sungai tersebut kemudian bergabung menjadi satu dan menjadi Sungai Memberamo yang mengalir ke arah utara membelah Pegunungan Foja-Rouffaer.

Terkait dengan jumlah distrik, Mamberamo Raya berdasarkan data BPS di tahun 2017 memiliki 8 distrik dan 60 kampung dengan total penduduk 34.587 jiwa.(Hs)

 

 

Related posts