12 Ciri Tubuh Kelebihan Gula, Termasuk Sulit Tidur

Jakarta, GPriority.co.id – Mengkonsumsi makanan gula memang nikmat. Namun, dibalik itu ternyata ada bahaya mengintai ketika kamu terlalu sering menyatap makanan dengan kadar gula yang tinggi.

Beberapa ciri dapat dirasakan ketika tubuh kamu saat tubuh kamu kelebihan gula, salah satunya kesulitan tidur.

Untuk itu berikut 12 ciri tubuh kelebihan gula dilansir CNBC Indonesia.

1. Sering Lapar

Jika kamu mengonsumsi banyak kalori ekstra melalui tambahan gula, meningkatnya rasa lapar adalah salah satu tanda pertamanya. “[Gula] memang memuaskan selera, tapi tidak benar-benar memuaskan atau mengenyangkan perut kita,” kata ahli diet Keri Stoner-Davis, RDN, yang bekerja di Lemond Nutrition di Plano, Texas.

Tanpa protein, serat, dan lemak sehat, tubuh akan membakar gula dengan cepat dan meningkatkan rasa lapar, yang dapat menyebabkan ngemil tanpa berpikir dan bahkan kompulsif.

2. Mudah Tersinggung

Jika Anda merasa murung, mudah tersinggung, atau gelisah, stres mungkin bukan satu-satunya alasan ini. Bisa jadi merupakan tanda bahwa kamu mengonsumsi terlalu banyak gula.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi tambahan gula dapat memicu peradangan, memperburuk suasana hati, dan menyebabkan gejala depresi.

Makanan atau camilan tinggi gula tanpa protein dan lemak dengan cepat meningkatkan gula darah kamu, tetapi saat tubuh kamu terburu-buru memproses semuanya, tingkat energi kamu menurun, membuat kamu merasa lesu dan mudah tersinggung.

Selain itu, ketika glukosa dalam aliran darah rendah karena kadar insulin kamu melonjak setelah mengonsumsi banyak gula tambahan, kadar glukosa darah di otak juga menurun. Otak kita sangat bergantung pada tingkat gula darah yang normal sebagai bahan bakarnya.

3. Mudah Lelah dan Lesu

Gula mudah diserap dan dicerna, jadi jika kamu merasa lelah, hal ini mungkin disebabkan oleh banyaknya gula yang kamu konsumsi.

“Gula adalah sumber energi yang sangat cepat, jadi berapa pun banyak yang Anda makan, dalam 30 menit Anda akan merasa lapar lagi, kekurangan energi, atau mencari energi lagi,” kata Stoner-Davis.

Perubahan besar gula darah dan insulin juga dapat menyebabkan tingkat energi menurun.

4. Makanan Terasa Kurang Manis

Jika Anda memperhatikan bahwa makanan tidak lagi terasa semanis dulu, atau jika Anda perlu menambahkan gula pada makanan agar terasa enak, bisa jadi Anda sudah terlalu banyak mengonsumsi gula.

Jika Anda mencoba makanan yang lebih sehat, misalnya dengan beralih dari yogurt rasa ke yogurt tawar, perbedaannya akan lebih terlihat.

“Anda melatih otak untuk mengharapkan tingkat rasa manis yang sangat tinggi, dan ketika Anda terbiasa dengan hal itu, akan lebih sulit untuk merasa puas dengan makanan yang kurang manis,” ungkap Cording.

5. Ngidam Makanan Manis

Jika sering mendambakan yang manis-manis, Anda mungkin kecanduan dengan efek nikmat yang ditimbulkan gula pada otak. Gula menargetkan pusat kesenangan otak (disebut mesocorticolimbic). Hal ini memicu peningkatan dopamin yakni hormon bahagia.

Jalur di otak ini memainkan peran penting dalam pilihan makanan yang kita buat, termasuk mempengaruhi keinginan akan gula.

Sederhananya, mengonsumsi gula meningkatkan dopamin, dan peningkatan dopamin itu sendiri dapat meningkatkan keinginan akan gula, yang mengarah ke lingkaran setan, menurut penelitian.

6. Tekanan Darah Tinggi

Jika Anda didiagnosis menderita hipertensi, terlalu banyak tambahan gula dalam makanan Anda bisa menjadi penyebabnya.

Menurut penelitian, mengonsumsi minuman manis memiliki hubungan yang signifikan dengan tekanan darah tinggi dan kejadian hipertensi.

7. Jerawat dan Keriput

Jika Anda sedang berjuang melawan jerawat, mungkin ada baiknya untuk mempertimbangkan berapa banyak tambahan gula yang Anda makan, menurut American Academy of Dermatology.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa resistensi insulin dapat mempengaruhi perkembangan jerawat.

Kerutan mungkin merupakan tanda lain bahwa Anda mengonsumsi terlalu banyak gula. Produk akhir glikasi lanjutan, yang merupakan produk gula berlebih, mendorong penuaan kulit.

8. Nyeri Sendi

Jika Anda merasakan nyeri pada persendian, itu mungkin bukan karena faktor usia saja. Menurut sebuah survei, di antara 24 persen responden yang menderita rheumatoid arthritis (RA) dan mengatakan makanan mempengaruhi gejalanya, soda dan makanan penutup adalah yang paling sering disebutkan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi soda manis secara teratur dikaitkan dengan peningkatan risiko RA pada beberapa wanita, termasuk mereka yang menderita RA stadium lanjut.

Mengonsumsi terlalu banyak gula dapat menyebabkan peradangan sistemik, yang dapat menyebabkan nyeri sendi.

9. Sulit Tidur

Jika Anda kesulitan untuk tertidur, Anda mungkin perlu memperhatikan apa yang Anda makan. Menurut sebuah penelitian terhadap 300 mahasiswa, kualitas tidur yang buruk berhubungan secara signifikan dengan konsumsi gula tambahan yang lebih tinggi.

Siklus tidur dan kualitas tidur kita diatur oleh cahaya dan suhu ruangan, serta kontrol glikemik. “Bagi seseorang yang secara kronis mengonsumsi gula tambahan dalam jumlah berlebihan, hal ini dapat mengganggu siklus tidur dan kualitas tidurnya,” kata Cording.

10. Masalah Pencernaan

Jika Anda sering mengalami sakit perut, kram, atau diare, mungkin Anda terlalu banyak mengonsumsi gula. Terlalu banyak gula juga diketahui dapat menyebabkan iritasi usus.

Selain itu, bagi mereka yang memiliki kondisi kesehatan mendasar seperti sindrom iritasi usus besar atau bagi mereka yang pernah menjalani operasi perut, gula juga dapat memperburuk gejala gastrointestinal.

11. Kabut Otak

Masalah dengan kejernihan pikiran, fokus dan konsentrasi, serta daya ingat bisa jadi disebabkan oleh terlalu banyak mengonsumsi gula tambahan.

Meskipun glukosa adalah sumber bahan bakar utama otak, kelebihan glukosa dapat menyebabkan hiperglikemia, atau kadar glukosa darah tinggi, dan memiliki efek peradangan di otak serta berdampak negatif pada fungsi kognitif dan suasana hati.

Menurut penelitian, gangguan kecepatan pemrosesan informasi, memori kerja, dan perhatian ditemukan pada penderita diabetes tipe 2 yang mengalami hiperglikemia.

12. Gigi berlubang

Bakteri di mulut suka memakan gula. Jadi jika dokter gigi Anda menemukan lebih banyak gigi berlubang, atau jika Anda didiagnosis menderita penyakit gusi, mungkin Anda mengonsumsi terlalu banyak gula tambahan

Jika Anda akan mengonsumsi makanan tinggi gula, kumurlah air di sekitar mulut Anda setelahnya atau makanlah dengan makanan seperti wortel atau susu, yang melindungi gigi dan memberikan lapisan, Stoner -Davis berkata.

Menurut Pusat Medis Universitas Rochester, produk susu, teh hijau dan hitam, buah-buahan dan sayuran kaya serat, dan permen karet tanpa gula dapat membantu mencegah gigi berlubang dan meningkatkan kesehatan gigi.

Foto: Istimewa