EKSISTENSI Call Centre 112

Pemerintah Kota Parepare kembali mendapat pengakuan dari pemerintah pusat dalam hal inovasi pelayanan publik.

Eksistensi (pelayanankesehatan gratis terintegrasi) (Call Centre 112) yang merupakan inovasi murni Wali Kota Parepare, Dr.H.Taufan Pawe masuk dalam  10 inovasi pemerintah kota se-Indonesia Top 40 Inovasi Pelayanan Publik. Hal itu berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur  Negara  dan Reformasi Birokrasi (PANRB) No. 636/2018, Kementerian PANRB menetapkan Top 40 Inovasi Pelayanan Publik 2018.

CALL  CENTRE  112 merupakan layanan emergency oleh tenaga kesehatan terlatih dan ambulance khusus yang langsung terjun ke lokasi jika terjadi kasus  emergency. Dengan hanya menelpon  112 melalui telepon rumah atau telepon seluler  (Telkomsel) bebas pulsa. Selanjutnya tim yang terdiri dari Dokter, Perawat/Bidan, dan driver menuju lokasi dan tiba kurang dari 15 menit, dan pelayanan yang diberikan gratis.

Usai menerima penghargaan, H.Taufan Pawe mengatakan, “Terkait dengan acara, ini adalah momen acara  yang sangat luar biasa, karena mendorong daerah-daerah berinovasi.Sebelumnya Parepare masuk 99 besar dan kini masuk 40 besar. Ini membuat kami yakin apa yang dilakukan pemda di daerah dinilai dipantau oleh pemerintah pusat.

”Kami sangat bangga dengan penghargaan ini karena penghargaan ini cukup bergengsi, kalau kota yang meraih penghargaan hanya 10 kota saja,” ucap Wali Kota Parepare kepada wartawan GPriority, di Jakarta, Rabu (7/11).

Tidak hanya sampai di situ, ke depannya juga H. Taufan Pawe akanberusaha melahirkan inovasi-inovasi baru terkait pelayanan publik dan program lainnya. 

“Untuk itulah kita harus meningkatkan kualitas dan kuantitas. Dan rencananya kami akan mengikutkan dua inovasi.Terkait inovasinya nanti bisa dilihat di tahun yang akan datang,” kata Taufan.

Menteri PendayagunaanAparatur Negara danReformasiBirokrasi (PANRB) Syafruddin dalam jumpa pers mengatakan, “Kita telah menetapkan  40  terbaik untuk Inovasi Pelayanan Publik 2018. Saya mengapresiasi instansi pemerintah yang lolos sampai tahap ini,” jelas Syafruddin.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas dan Protokoler Pemkot Parepare,  Amarun Agung Hamka, mengatakan eksistensi pelayanan kesehatan gratis terintgerasi Call Centre 112 merupakan inovasi murni Bapak Wali Kota Parepare, TaufanPawe. ” Itu murni inovasi Pak Walikota,” singkat Hamka.

Top 40 InovasiPelayanan Publik Tahun 2018 merupakaninovasi yang dikategorikan outstanding (terpuji) hasil seleksi dari Top 99. Penilaian kompetisi dilakukan secara independen oleh Tim Evaluasidan Tim Panel Independen yang merupakan para akademisi, praktisi, dan pakar pelayanan publik yang kompeten dan memiliki reputasi baik.(G/Hs)

Related posts

Leave a Comment