Pesepeda Berhati-Hatilah,Begal Mengincar Anda

Jambret dan begal kini menjadi musuh utama masyarakat Indonesia khususnya para pengendara sepeda (pesepeda). Hampir di setiap wilayah, kasus pembegalan dan juga penjambretan kepada pesepeda kerap terjadi. Aksi ini tentu saja sangat mengkhawatirkan mengingat mereka tidak segan-segan untuk melukai bahkan menghilangkan nyawa si korbannya.

Kenapa pesepeda yang menjadi sasaran empuk begal dan penjambret? Ketua Umum komunitas Bike to Work Indonesia Putut Sudaryanto mengatakan bahwa kondisi fisik pesepeda yang sering merasa lelah ketika menggowes sepedanya dengan kecepatan tinggi dan mengharuskan mereka istrirahat sejenak yang menjadi alasannya. Selain itu, harga sepeda yang melambung tinggi, sepeda yang mudah oleng ketika berbenturan serta memiliki ruang gerak yang terbatas juga menjadi alasan lainnya.

“ Agar kejadian tersebut tidak menimpa Anda, maka saya akan memberikan tipsnya sehingga bisa terhindar dari pelaku begal dan jambret,” ucap Putut.

Adapun tips yang diberikan oleh Putu adalah sebagai berikut:

1.Hindari bersepeda sendirian. Sebab bersepeda sendirian merupakan sasaran empuk bagi pelaku begal maupun jambret.

2.Hindari jalan yang terbilang sepi, jika terpaksa, mintalah beberapa rekan kamu untuk mendampingi.

3.Hindari menggunakan perhiasan yang berlebih.

4. Upayakan tidak membawa barang-barang dalam posisi bergelantungan yang mudah ditarik orang. Jika memang ingin membawa barang usahakan untuk membawa boks barang yang bisa dikunci.

5.Saat bersepeda hindari arah kanan dan posisikan barang di sebelah kiri tubuh, karena jambret atau begal biasanya datang dari kanan.

6.Gunakan safety gear pesepeda dengan baik dan benar.

7.Bersepeda saat jam ramai.

8.Hindari bersepeda di malam hari. Malam merupakan jam favorit bagi pelaku begal maupun jambret untuk melancarkan aksinya. Hal ini dikarenakan pada malam hari aktivitas orang dan kendaraan mulai berkurang, sehingga mereka bisa leluasa melancarkan aksinya tanpa diketahui orang.

9. Jangan terlalu menunjukkan brand.Salah satu faktor munculnya begal adalah harga sepeda bermerk yang semakin tinggi. Untuk itulah ketika Anda bersepeda ke kantor, alangkah baiknya untuk menggunakan sepeda yang standar atau tidak bermerk. Namun jika tidak memiliki sepeda lainnya, sebaiknya berangkat ke kantor bersama dengan teman atau di jam-jam yang ramai.

10.Jangan lupa berdoa mohon perlindungan yang maha kuasa

Putut berharap tips yang dia berikan bermanfaat bagi pesepeda.(Hs)

Related posts