Vihara Avalokiteswara Dharma Berdana di Hari Waisak

Hari Raya Waisak disebut juga sebagai Trisuci Waisak karena menggambarkan tiga peristiwa penting bagi umat Buddha, yaitu peristiwa saat Pangeran Sidharta Gautama dilahirkan, mencapai penerangan sempurna, dan meninggalkan dunia ini. Ketiga peristiwa tersebut terjadi pada bulan purnama di bulan Mei, namun juga sesekal ibisa di bulan April atau Juni.

Bertepatan dengan Hari Raya Waisak 2565 BE, Rabu (26/05/2021), umat Buddha diseluruh dunia bersukacita dalam merayakannnya. Tak terkecuali umat Buddha di Vihara Avalokiteswara Dharma.

Seperti diketahui, Indonesia sedang dilanda pandemi Covid-19, menyebabkan kegiatan berkerumun dilarang oleh pemerintah. Oleh sebab itu, beberapa perwakilan dari para umat berinisiatif untuk mengadakan kegiatan yang tidak melibatkan banyak orang.

Beberapa di antaranya adalah membersihkan seluruh ruangan vihara. Mulai dari patung-patung Buddha hingga aula vihara sebagai makna dari membersihkan kekotoran batin yang ada di dalam diri sendiri.

Selain itu, para umat juga membagikan sembako kepada masyarakat kurang mampu, dan nasi kotak kepada anak-anak di panti asuhan. Semua dana didapatkan dari sumbangan para umat.

Tak ketinggalan adalah bermeditasi atau bersemedi yang bertujuan untuk bias melihat kedalam diri sendiri. Mempertahankan yang baik dan membuang yang tidakbaik. Selamat merayakan Hari Raya Trisuci Waisak 2565 BE. (VIA)

Related posts