Cegah Covid-19,Jokowi Ajak Negara Asean Bersatu

Jakarta,Gpriority- Guna melawan pandemi Covid-19 Presiden Joko Widodo mengajak negara-negara ASEAN untuk bersatu, bersinergi, dan berkolaborasi.Hal tersebut disampaikan Jokowi saat mengikuti KTT ASEAN Khusus Tentang Covid-19 secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (14/4/2020).

Covid-19 menurut Presiden telah menjadi musuh bersama yang memukul ekonomi dunia.Demikian pula terhadap ekonomi Kawasan ASEAN yang diprediksi hanya akan tumbuh sekitar 1 persen di tahun ini.Oleh karenanya, Presiden menyampaikan empat pandangannya terkait penanganan Covid-19.

Pertama, kita harus memutus mata rantai penyebaran virus di masing-masing negara kita, dan di kawasan ASEAN. Selain itu, kita juga harus memutus resiko penyebaran virus melewati perbatasan,” ucap Presiden. Untuk itu, Presiden Jokowi mengusulkan kepada ASEAN agar dapat menyusun sebuah protokol untuk merespons adanya pandemi di perbatasan melalui joint contract tracing and outbreak investigation.Karena dengan pengawasan ketat di perbatasan, maka akan memutus rantai penyebaran di kawasan.

Kedua, Jokowi mengatakan harus mencegah hambatan lalu lintas barang.

Ketiga yang disampaikan Presiden adalah terkait kerja sama perlindungan warga ASEAN. Menurut Presiden, kita harus memiliki komitmen melindungi warga ASEAN, termasuk para pekerja migran.

Hal terakhir yang disampaikan Presiden adalah terkait kolaborasi dan kerja sama dengan mitra ASEAN, termasuk ASEAN Plus Three yaitu Jepang, Korea dan China.

Terkait covid-19, Juru bicara pemerintah untuk virus Corona Achmad Yurianto mengatakan Pasien yang sembuh 426 orang, yang meninggal 459 orang dan yang positif 4839 orang.

Yuri juga mengingatkan agar tetap melakukan gerakan cuci tangan dan penggunaan masker.(Hs)

Related posts